SalesMania sebagai solusi optimalkan
manajemen tim sales perusahaan distribusi.
SUPERVISOR & MANAJER
Sebagai supervisor atau manajer sales, mengatur jadwal kunjungan tim ke pelanggan itu penting dan butuh efisiensi. Dengan SalesMania, Anda bisa dengan mudah menjadwalkan kunjungan tim Anda. Saat membuat jadwal, Anda akan dibantu dengan informasi kapan customer terakhir dikunjungi, lokasi customer relatif ke customer lain yang sudah terjadwal (berbasis peta), sehingga rute setiap tim bisa efisien dan dipastikan semua customer terkunjungi secara teratur.
Kalau tim Anda sudah punya jadwal tetap, Anda bisa manfaatkan fitur Auto Scheduling. Jadi Anda ataupun tim tidak perlu lagi repot-repot menjadwalkan ulang setiap periode, karena SalesMania akan otomatis menjadwalkan sesuai rule Auto Scheduling (weekly, 2-weekly, monthly, dsb)
Anda dapat me-monitoring aktivitas tim sales secara real-time lewat website SalesMania. Fitur Check-in berguna untuk mengetahui durasi kunjungan tim sales per pelanggan, lengkap dengan lampiran bukti kunjungan seperti foto, dan GPS.
Tim back-office tidak perlu menunggu sales kembali ke kantor untuk mulai memproses orderan, karena data order dapat langsung di-check di website SalesMania secara real-time, yang pastinya akan meningkatkan efisiensi perusahaan.
Fitur Target di SalesMania memudahkan supervisor maupun tim sales untuk selalu memantau pencapaian penjualan, sehingga target yang ditetapkan bisa selalu on-track.
Report-report di SalesMania membuat proses persiapan data laporan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Data kunjungan, orderan dan pencapaian target bisa diunduh dalam format Excel yang mudah diolah, sangat membantu dalam proses evaluasi tim sales, maupun pengambilan keputusan bisnis dengan cepat dan tepat.
Tidak perlu khawatir bila ada pergantian tim sales karena resign atau rotasi area. Anda cukup mengganti email tim saja tanpa harus kehilangan data lama. Semua histori kunjungan pelanggan tetap tersimpan, jadi informasi tetap utuh sebagai asset perusahaan.
TIM SALES
Dengan dibekali tools yang tepat, performa tim sales dapat meningkat secara signifikan, menghasilkan metode kerja yang rapi dan efisien, sehingga secara langsung akan meningkatkan omset perusahaan.
Aplikasi SalesMania yang di-design khusus untuk support tim sales dalam menjalankan tugasnya, selalu menyajikan data history kunjungan dan history order per pelanggan, lengkap dengan quantity, price, diskon, maupun kapan terakhir di-order per item.
Data ini membuat tim sales makin efisien dalam berkomunikasi dengan pelanggan, membuat tim sales yang baru bisa langsung bekerja dengan lancar, dan mengurangi risiko salah input orderan baik, diskon khusus pelanggan, maupun jenis item-nya.
Tampilan peta saat merencanakan rute kunjungan membuat tim sales bisa menghemat waktu perjalanan dan meningkatkan performa sehari-hari.
Laporan harian jadi lebih cepat dan praktis, karena app SalesMania bisa membuat rangkuman kunjungan otomatis yang dapat di-share ke WhatsApp, sehingga sales tidak perlu repot lagi membuat laporan secara manual.
Fitur katalog produk di app SalesMania yang dilengkapi foto-foto, harga, dan stok, akan memudahkan tim sales saat berjualan. Sehingga pelanggan bisa memilih item sesuai kebutuhan dan kualitas orderan akan meningkat.
Tim sales dapat memantau pencapaian targetnya secara real-time, seberapa dekat mereka dengan target yang sudah ditetapkan, sehingga bisa melakukan penyesuaian strategi jika diperlukan.
Setiap jadwal kunjungan dilengkapi dengan bukti berupa foto, file, dan tag GPS. Ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada supervisor atau manajer bahwa kunjungan benar-benar dilakukan, serta membantu dalam evaluasi kinerja tim sales secara objektif.
TIM PENAGIHAN
Menyusun jadwal penagihan adalah satu problem tersulit di dunia distribusi. Karena harus meyesuaikan berbagai faktor seperti jatuh tempo faktur, hari tagih customer, lokasi customer dan ketersediaan tim penagihan.
Fitur penagihan SalesMania bisa membuat proses ini jauh lebih mudah, karena penagihan bisa langsung dijadwalkan begitu faktur pulang dari pengiriman. Dan kemudian disesuaikan di hari H sesuai lokasi customer dan ketersediaan tim penagihan, lewat drag-and-drop yang cepat dan efisien.
Fitur history penagihan per faktur membuat seluruh aktifitas penagihan bisa dirunut dengan mudah, sudah berapa kali faktur ini ditagihkan, setiap pembayaran cicilan, berapa kali gagal tagih. Sehingga admin penagihan bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang akurat.
Tim penagihan juga dapat menyesuaikan metode pembayaran, seperti cash, transfer, BG check, dan tukar TT. Dengan informasi ini, mereka dapat memberikan opsi yang sesuai kepada tim admin.
Fitur limit piutang dan umur faktur sangat penting bagi tim penagihan untuk menghindari penumpukan faktur yang belum terbayar, dan menjaga cash flow perusahaan tetap lancar sehingga operasional perusahaan tidak terganggu.
Semua progres penagihan dapat dipantau dengan report penagihan di SalesMania, yang memberikan informasi lengkap mengenai status dan progres penagihan, sehingga setiap transaksi penagihan dapat dilacak dengan efektif. Report penagihan dapat diunduh dalam file Excel, untuk memudahkan pengolahan data sesuai dengan kebutuhan.
Dengan semua fitur ini, SalesMania dapat membantu tim penagihan dalam mengoptimalkan kinerja meningkatkan efisiensi proses keuangan.